Friday, October 14, 2016

PEMBAGIAN HARTA RAMPASAN PERANG DALAM KITAB AL-KHARAJ KARANGAN ABU YUSUF

BAB PEMBAGIAN HARTA RAMPASAN PERANG

Abu Yusuf mengatakan: Adapun apa yang anda tanyakan wahai Amirul Mukminin tentang pembagian harta rampasan perang,  ketika ditinggalkan oleh musuh dan bagaimana membaginya, Allah SWT telah memberikan penjelasan tentang hal itu sebagaimana tercantum dalam kitab suciNya, dan Dia berfirman sebagaimana disampaikan kepada Rasul-Nya SAW (Dan ketahuilah bahwa engkau telah mendapatkan sesuatu dari harta rampasan perang, sesungguhnya Allah telah membaginya untuk Rasul, kerabat dekat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang yang dalam perjalanan, jika kamu beriman kepada Allah dan apa yang telah Kami turunkan kepada hamba kami pada hari kedua pasukan bertemu  dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu). Allah lebih mengetahui apa yang menimpa kaum muslimin dari pengaruh kaum musyrik, mereka tidak membawa barang berharga dan  senjata dalam pembagian tersebut, sebagaimana disebutkan oleh Allah Azza wa jalla dalam kitabNya yang bijaksana, dan empat-perlima dari para prajurit yang terluka, itu adalah orang-orang dari Biro dan lain-lain,  sedangkan kesatria/pejuang mendapat  tiga bagian.: dua bagian untuk kudanya, dan satu bagian untuk dirinya, dan untuk tentara yang berjalan kaki mendapatkan satu bagian seperti yang disebutkan dalam hadis-hadis Nabi dan atsar, dan tidak membagikan untuk kuda yang satu atas yang lain, sebagaimana disebutkan dalam kitabNya (untuk kuda,  unta dan keledai untuk kamu tunggai sebagai hiasan) dan Allah berfirman (dan bersiap-siaplah untuk mereka sekuat tenagamu dan siapkanlah ikatan kuda untuk menghadapi musuh Allah dan musuhmu) dan orang Arab mengatakan tentang kuda ini, dan  mempekerjakan kuda tidak berarti bahwa kuda itu milik umat dan pada umumnya lebih kuat dari kebanyakan kuda dan lebih menyenangkan untuk penunggangnya dan  tidak menganggap mereka sesuatu tanpa sesuatu dan  tidak mengutamakan kuda yang kuat atas kuda yang lemah atau tidak mengutamakan seorang pemberani yang sempurna membawa senjata atas seorang pengecut yang tidak membawa senjata kecuali pedangnya.
Abu Yusuf mengatakan: telah menceritakan kepada kami Hassan bin Ali bin Hakam bin Imara dari Hakim bin ‘Uthaibah dari Muqsam dari Abdullah bin Abbas, ra berkata bahwa Rasulullah SAW membagikan harta rampasan perang Badar: dua bagian untuk penunggang kuda dan satu bagian untuk pejalan kaki.

Dia berkata: telah mengatakan kepada kami Qais bin Rabi’ bin Muhammad Bin Ali Ishaq bin Abdullah dari Abu Hazim berkata: Diriwayatkan Abu Dzar al-Ghafari r.a berkata: engkau melihat saya dan saudara saya bersama Rasulullah SAW pada perang Hunain, dan bersama kami dua kuda milik kami, dan Rasulullah SAW membagikan untuk kami  enam bagian, empat bagian untuk kuda kami dan dua bagian untuk kami dan  kami menjual enam bagian pada perang Hunain kepada Abu Bakar.
Abu Yusuf mengatakan, menurut ahli Fiqih Abu Hanifah R.A berkata: untuk pejalan kaki satu bagian, dan penunggang kuda satu bagian. Dia mengatakan: tidak ada keutamaan bagi binatang atas seorang Muslim. Dia membutuhkan pendapat dari Zakariya bin al-Harits dari Mundzir Abi Khamash al-Hamdani bahwa mereka bekerja untuk Umar bin Khathab R.A dibagikan untuk penunggang kuda satu bagian dan pejalan kaki satu bagian, dan mengusulkan hal itu kepada Umar RA dan iapun mengabulkannya dan memberikan kepadanya, sedangkan Abu Hanifah mengambil hadis ini dan memberikan untuk penunggang kuda satu  bagian dan pejalan kaki satu bagian, dan apa yang datang dari hadis-hadis dan atsar bahwa untuk penunggang kuda mendapat dua bagian, dan pejalan kaki satu bagian lebih banyak dari itu dan masyarakat setuju akan hal itu, dan bukan dari segi keutamaan walaupun dari segi keutamaan, tetap wajib bagi penunggang kuda satu bagian dan pejalan kaki satu bagian karena telah sesuai dengan aturan bagi kaum muslim, bahwa bagian untuk seorang laki-laki lebih banyak dari yang lain, agar manusia senang untuk berjihad di jalan Allah. Apakah kita tidak melihat bahwa bagian untuk penunggang kuda dikembalikan kepada pemilik kuda dan tidak untuk kudanya, sedangkan pejuang dan para pejabat dalam pembagian sama. Maka ambillah wahai Amir Mukminin salah satu dari dua hadis yang engkau lihat, dan apa yang kami lihat bahwa hal itu yang terbaik bagi kaum Muslimin, yang demikian itu diperluaskan bagi kamu, jika Allah menghendaki, dan saya tidak melihat pembagian untuk pejalan kaki lebih banyak dari para penunggang kuda.
            Dia mengatakan: telah menceritakan kepada kami Yahya bin Said al-Hassan bahwa seorang laki-laki dalam peperangan dengan menunggang kuda. Dia berkata: tidak membagi untuknya dari harta rampasan perang lebih banyak dari dua bagian.
Dia mengatakan: telah mengatakan kepada kami Muhammad bin  Ishaq dari Yazid bin Yazid bin Jabir dari Mahul berkata: tidak dibagikan lebih banyak dari dua bagian enunggang kuda sedangkan pembagian yang keluar dari harta rampasan itu, Muhammad bin Sa’ib Kalbi berkatakepadaku tentang Abu Shaleh bin Abdullah bin Abbas, mengatakan bahwa pembagian itu pada waktu Rasulullah SAW menetapkan lima bagian: untuk Allah dan Rasul satu bagian, dan untuk kerabat dekat satu bagian, untuk anak-anak yatim dan orang miskin dan musafir tiga bagian. Kemudian membagi Abu Bakar, Umar dan Usman ra tiga saham, dan memotong saham Rasul dan saham kerabat dan membagikan tiga sisanya. Kemudian membagi kepada Ali bin Abi Thalib  seperti yang dibagikan pada Abu Bakar, Umar dan Usman RA. Diriwayatkan kepada kami dari Abdullah bin Abbas, ra dengan mereka, dia berkata: Umar bin Khathab menyampaikan kepada kami bahwa ia membagikan harta itu dan memutuskan bahwa itu untuk kami, maka bapak kami memberikannya kami dan bapak saya juga memberi kami.
Dia mengatakan: Muhammad bin Ishak Abu Ja’far menghabarkan kepadaku sambil mengatakan, saat aku berkata kepadanya: Apa pendapat  Ali tentang pembagian itu? Dia mengatakan: pendapatnya adalah pendapat tuan rumahnya, tapi dia benci yang bertentangan dengan Abu Bakar dan Umar.
Dia mengatakan: Mughirah telah mengatakan kepada kami dari Ibrahim tentang firman Allah, "sesungguhnya Allah telah membaginya," katanya, bagi Allah, segala sesuatu, dan dia mengatakan, "Allah" adalah kunci pembicaraan.
Dia mengatakan: telah menceritakan kepadaku dari Asy’at bin Abi Zubair dari Jabir bin Abdullah, ia membawa pembagian itu di jalan Allah dan memberinya wakil rakyat, ketika banyak harta yang  diberikan kepada anak yatim, orang miskin dan orang musafir.
Dia mengatakan: telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Ishak dari Zuhri dari Sa’id bin Musayib dari Jubair bin Muth’im, bahwa Rasulullah SAW membagikan harta kepada sanak kerabat dari Bani Hasyim dan bani Muthalib.
Dia mengatakan: telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Abdul Rahman bin Abi Layla dari ayahnya berkata: Aku mendengar Ali RA berkata: 'Wahai Rasulullah, aku melihat bahwa engkau memberikan hak kami pembagian itu maka bagikanlah dalam hidup engkau agar salah seorang sesudahmu tidak melepasnya kemudian lakukanlah. Ia mengatakan, kemudian melakukannya. Dia mengatakan: Rasulullah SAW membagikan dalam hidupnya, kemudian keluarga Abu Bakar ra membagikan untuk hidupnya,  kemudian Umar juga membagikan untuk hidupnya, bahkan jika itu adalah tahun terakhir dari usia Umar maka datanglah kepadanya harta yang banyak maka terpenuhilah hak kami, kemudian dikirim kepadaku seraya  mengatakan: Ambillah harta itu dan bagikanlah. Aku berkata: Wahai Amirul Mukminin bersama kami  orang kaya dan kaum Muslimin yang membutuhkannya. Maka ia mengembalikan kepada mereka pada tahun itu dan tidak memanggil kami salah seorang sesudah Umar sampai saat ini. Abbas bin Abdul Muthalib menemuiku setelah saya meninggalkan Umar dengan dia, katanya:telah diharamkan untuk kami makanan sesuatu yang tidak pernah diberikan kepada kami hingga hari kiamat.
Mengatakan: telah berkata kepadaku Muhammad bin Ishak dari Zuhri mengatakan kepada Ibnu Abbas ra, dia bertanya kepadanya tentang saham bagi kerabat: siapa pun dia, dia adalah milik kami, dan bahwa Umar ra dengan dia mengajak kami untuk melindungi keluarga kami, dan mencukupi kebutuhannya , dan melayani keluarga . maka bapak kami memberikan kami dan juga bapak saya.
Dia mengatakan: telah menceritakan kepadaku Qais bin Muslim dari al-Hassan bin Muhammad bin Alhanif mengatakan: manusia berbeda pendapat setelah wafatnya Rasulullah SAW dalam hal dua bagian ini: Saham Nabi saw, dan bagian kerabat. Beberapa orang mengatakan: bagian Rasul untuk khalifah sesudahnya. Lainnya mengatakan: bagian kerabat untuk kerabat Nabi saw. Kelompok itu mengatakan: bagian kerabat itu untuk kerabat khalifah sesudahnya. Maka  kumpulkanlah untuk menjadikan dua bagian ini dari jenis harta benda pusaka dan senjata.
Dia mengatakan: menceritakan kepadaku Atha’ bin Sa’ib bahwa Umar bin Abdul Aziz mengirim bagian Rasul dan bagian kerabat untuk Bani Hasyim.
Abu Yusuf mengatakan, ketika Abu Hanifah dan banyak di antara fuqaha bahwa kami melihat khalifah membagikannya seperti yang dibagikan oleh Abu Bakar dan Umar dan Usman dan Ali r.a
Abu Yusuf mengatakan: Sesungguhnya pembagian harta rampasan perang ini adalah untuk kaum muslimin yang tidak syirik dan mereka tidak membawa barang pusaka, senjata dan sebagainya, serta semua yang mereka bawa seperti logam emas, perak, tembaga, besi, maka terjadilah pembagian itu di tanah Arab atau di tanah asing - dan membagikan di mana ia ditempatkan posisi sedekah. Dan apa saja yang dikeluarkan dari laut seperti perhiasan dan permata ditempatkan di posisi rampasan sebagaimana disebutkan dalam kitab suciNya, Allah berfirman: dan ketahuilah sesungguhnya engkau telah mendapatkan sesuatu dari harta rampasan perang dan sesungguhnya Allah telah membagikannya untuk Rasul, kerabat dekat, anak yatim dan orang miskin serta musafir.
Abu Yusuf mengatakan, apa yang diterima dari beberapa atau banyak pembagian  jika seorang membawa logam kurang dari berat dua ratus dirham perak, atau kurang dari berat dua puluh syikal emas, ini bukan termasuk zakat tetapi pada posisi rampasan dan tidak termasuk tanah/debu yang ada tetapi pembagian emas murni, dan perak murni, besi, tembaga, timbal, mereka tidak menghitung soal biaya, mungkin semua mengambil tunjangan sehingga tidak harus menerima pembagian dan pembagian itu sementara sedikit disaring agar tidak menjadi beban dari sesuatu seperti safir, merkuri, sulfur, tidak membagikan sedikit hal itu, tapi semua ini adalah seperti lumpur dan kotoran. Ia mengatakan, dan jika itu yang menghantam sedikit emas, perak, besi, timah atau tembaga itu  hal yang fatal tidak membatalkan pembagian dengan dia. Apakah kamu tidak melihat bahwa jika tentara mengambil rampasan perang dari musuh, maka  ahli agama tidak melihat agama atau tidak, bahkan jika agama mereka tidak mencegahnya dari pembagian itu. Dia mengatakan: bijih adalah emas dan perak, yang Allah menciptakan dari bumi yang diciptakan, yang juga pembagian itu, hal itu mengakibatkan sebuah harta benda seperti emas, atau perak, atau pakaian – pembagian itu dan empat-perlima kepadanya, itu sisanya mereka mengatakan, meskipun barang temuan perang ditemukan di Dar al-Islam dan telah merasa aman, itu tidak memiliki apa-apa dari dia, dan yang diambil darinya tebusan juga diambil untuk diberikan, dan menyerahkan empat bagian. Serta pejabat menemukan barang temuan di Dar al-Islam setelah dibagikan, serta budak dan ibu anak, jika barang temuan Muslim ditemukan di medan perang. Jika masuk tanpa pengamanan, ia tidak membagi pada saat itu dalam hal apa yang dia temukan adalah untuk manusia, perang atau tidak dalam kepemilikan membagikan untuk  manusia karena umat Islam tidak pelit atau kikir, tapi apabila ia masuk dengan aman dan menemukan barang maka barang itu  dalam kepemilikan sang pemilik, dan jika yang ia temukan adalah bukan milik orang lain maka itulah yang ia dapatkan.
Abu Yusuf mengatakan: Menceritakan kepadaku Abdullah bin Sa’id bin Abi Sa’id Maqbari dari kakeknya, dia berkata: Orang-orang jahiliyah telah rusak pikirannya, dan jika membunuhnya maka rusaklah akal pikirannya. Seseorang bertanya kepada Rasulullah tentang hal itu, ia mengatakan: dalam pembagian harta temuan mengatakan kepadanya apa yang dimaksud harta temuan Wahai Rasulullah: emas dan perak, yang Allah menciptakan di Bumi dan Nabi bersih dari setiap harta rampasan: sedangkan penunggang kuda, dan yang membawa pedang, dan pejalan kaki pada perang Khaibar dalam pembagian itu memiliki bagian seperti bagian yang didapat istri-istri Nabi, dan ia berbagi dengan kaum Muslim. Bagiannya berada dalam perang Khaibar dengan bagian Asim bin Adi antara mereka adalah Rasulullah di mana Allah membuat untuk Rasul-Nya dari pembagian itu menjadi tiga : dalam pembagian murni dan berbagi dengan Muslim di empat perlima apa yang Allah bagikan, sedangkan pembagian pada perang Khaibar delapan belas bagian, setiap seratus bagian masing-masing pada pedang Badar.
Dia mengatakan:Telah menceritakan kepadaku As’as bin suwair dari Muhammad bin Suwair dari Muhammad bin sirrin dia berkata: Maka bagi Rasulullah mendapatkan harta rampasan pada waktu perang khaibar dan memberikannya kepada saifah binti khayyin.
Dia mengatakan: Menceritakan kepada ku Asy’as dari Abi Zainab dia berkata: Ketika perang badar ashim bin Munibah tidak membawa pedang.




No comments:

Post a Comment